HPT KELAPA SAWIT ~ WARTA AGROTANI

Sabtu, 26 September 2015

"sebelumnya saya ucapkan terima kasih, ijinkan saya konsultasi untuk mengatasi masalah saya di sawit dengan produk nasa, begini  pucuk tanaman sawit rusak  serangan apakah ini?" (Iqbal - Ketapang)

Jawab:
" Alhamdulillah telah sharring dengan kami bapak, itu adalah serangan Hama Kutu tanaman (Planococcus citri), dengan Gejala merusak tanaman dengan mengisap cairan dari pucuk batang dan daun muda. Bagian tanaman yang diisap menjadi kuning dan kering. Pengendalian dengan produk Nasa adalah Menggunakan BVR atau Pestona", demikian semoga bermanfaat.





Tanya:
"satu lagi bapak kalo daun pokok sawit berguguran, tumbuh kerdil ini serangan apakah ya pak? terima kasih banyak?" 
(Iqbal - Ketapang)

Jawab:
"ok, bapak ini adalah serangan Tungau (Hemitarsonemus , Paratetranychus), yang mana gejalanya adalah hama mengisap cairan daun muda, daun tua, pucuk, sehingga tidak normal dan kerdil, daun berguguran. Pengendalian dengan produk Nasa dengan Menggunakan BVR atau Pestona". 

Tanya:
"saya mau nanya, ceritanya saya ditawari kebun sawit ama temen, niatan mau usaha atau investasi sawit, apa saja yang saya pelajari atau tahu untuk penyakit sawit bapak, terima kasih? (Arya - Konawe)
Jawab:
"Penyakit yang menyerang bagian akar, batang, daun dan bidang sadap, sebagian besar disebabkan oleh jamur. Penyakit tersebut antara lain : 
  1. Penyakit pada akar : Akar putih (Jamur Rigidoporus lignosus), Akar merah (Jamur Ganoderma pseudoferrum), Jamur upas (Jamur Corticium salmonicolor), 
  2. Penyakit pada batang :Kanker bercak (Jamur Phytophthora palmivora), Busuk pangkal batang (Jamur Botrydiplodia theobromae), penyakit sawit - warta agrotani
  3. Penyakit pada bidang sadap : Kanker garis (Jamur Phytophthora palmivora), Mouldy rot (Jamur Ceratocystis fimbriata)
  4. Penyakit pada Daun : Embun tepung (jamur Oidium heveae), Penyakit colletorichum (Jamur Coletotrichum gloeosporoides), Penyakit Phytophthora (Jamur Phytophthora botriosa)
Pengendalian dan Pencegahan Penyakit karena jamur: 

  • Menanam bibit sehat dan dari klon resisten
  • Pemupukan lengkap dan seimbang ( makro - mikro) dengan jenis pupuk, dosis dan waktu yang tepat 
  • Taburkan Natural Glio sebelum atau pada saat tanam sanitasi kebun 
  • Pemangkasan tanaman penutup yang terlalu lebat
  • Bagian yang terserang segera dimusnahkan 
  • Penyadapan tidak terlalu dalam dan tidak terlalu dekat tanah 
  • Pisau sadap steril

ULAT SETORA & TUNGAU MERAH
Pestona, tungau merah, sawit, Tangkos, pupuk organik, pestisida, NPK, Nasa, Supernasa, power nutrition
Tanya:
"Sawit kita Hama yang Daun nya tinggal lidinya dan ada sebagian warna bronz? penyakit apa ya pak, terima kasih? (Sanusi - Labuahan batu)
Jawab:
"pokok sawit yang berwarna bronz kena tungau merah (Oligonychus). Bagian diserang adalah daun. Gejala: daun menjadi mengkilap dan berwarna bronz. Pengendalian: Semprot Pestona atau Natural BVR
sedangkan daun tinggal lidinya, itu kena Ulat Setora, Penyebabnya Setora nitens. Bagian yang diserang adalah daun. Gejala: daun dimakan sehingga tersisa lidinya saja. Pengendalian: Penyemprotan dengan Pestona. Demikian semoga bermanfaat, terima kasih. 

hama sawit, pestisida, ulat setora, pestona, BVR, Nasa, pupuk organik, budidaya sawit

Demikian informasi kami sharr-kan, semoga bermanfaat, Bila Anda membutuhkan produk dan konsultasi dari PT Natural Nusantara, berikut ini adalah cara pemesanan produknya:
  1. SMS/Telp 085225233039 , 081327501530, untuk konfirmasi Pemesanan. Kemudian akan dihitung jumlah biaya yang harus ditransfer.
  2. Transfer biaya pembelian + bea kirim (bila diperlukan) sesuai dengan Pemesanan melalui BRI No Rek  0891-01-024681-53-8 a/n Munir Hadi Murtana
  3. Konfirmasi Nama dan Alamat pengiriman Via Hp: 085 225 233 039 pin BB: 75212F79 WA: 081 327 501 530 Produk akan dikirim ke alamat  

0 komentar :

Posting Komentar